Skip to main content

KALI SUCI : PEMANDIAN TERSEMBUNYI DI PEMALANG






Beberapa minggu terakhir wisata kali suci semakin populer, hal ini terlihat dari semakin banyaknya postingan para netizen yang memamerkan eksotisme kali suci di media social mereka. Kali suci merupakan wisata pemandian yang airnya berasal dari mata air di kaki gunung slamet.
Lokasi wisata kali suci terletak di jalan Arum Dalu,Dusun Kali buntu, desa Moga,kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Akses untuk menuju wisata ini gampang- gampang susah karena minim sekali informasi dan belum ada penunjuk jalan yang jelas. Saya sudah 2 kali ke kali suci, pertama kali saya kesana ,tepatnya pada hari selasa ,4 juli 2017  saya sempat beberapa kali berhenti untuk bertanya dan bolak balik karena kebingungan, tapi akhirnya ketemu juga.  

 Untuk kunjungan yang kedua pada hari minggu, 23 juli 2017  alhamdulillah  sudah tidak kebingungan lagi. Jika kalian dari pemalang kalian lewat saja lurus ke utara menuju kecamatan moga . sesampainya di pertigaan SMPN 1 Moga yang ada lampu merahnya belok kanan. 
Sekitar 300 meter dari lampu merah ada gang di kanan jalan yang tulisanya “kali suci” hanya saja tulisanya tidak jelas. 

 Setelah masuk gang tersebut ada 2 pertigaan , yang pertama pertigaan kecil dan yang kedua pertigaan besar. 
pertigaan besar
Terserah kalian mau lewat mana, intinya sama saja. Kalau di pertigaan kecil kalian bisa parkir di rumah warga.kalau di pertigaan besar kalian bisa parkir di halaman sekolah.

Untuk masuk ke wisata kali suci , pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar RP.2000 dan tidak ada biaya lainya.
Kesan pertama saya ketika melihat kali suci ini adalah ajiiiiibbbb. Serius, kali suci itu seperti pemandian yang terletak ditengah hutan padahal di sekelilingnya adalah pemukiman yang padat dan ramai. Yup , ini menunjukan bahwa alam di sekeliling kali suci masih sangat asri, bahkan masih terdapat pohon-pohon besar yang membuat kali suci teduh dan sangat sejuk. Airnya juga sangat bening sampai dasarnya kelihatan jelas.
Di dalam kali suci juga terdapat ikan ikan yang bebas berenang dan kadang muncul ke permukaan. Di sekitar kali suci juga terdapat warung  yang menjual makanan, minuman, dll. Selain warung  juga terdapat tempat ganti baju yang dibuat dari gribik berbentuk kotak. Jadi bagi kalian yang ingin berenang bisa langsung ganti pakain digribik itu.
Kali suci ini banyak dikunjungi oleh wisatawan , biasanya mereka mulai datang sekitar pukul 09.00 WIB untuk berenang. Banyak diantara mereka yang datang adalah warga sekitar  dan tak sedikit pula wisata dari luar desa ataupun luar kota datang ke Kali Suci ini.




 kejernihan,kesegaran air dan kesejukan udaranya lah yang menjadi daya tarik utama wisata kali suci ini, ini yang membuat wisatawan datang kesini dan ingin kembali lagi.

Diluar dari keindahan yang ditawarkan kali suci ini, terdapat kekurangan atau masalah yang terjadi di wisata ini, mungkin masalah ini hampir terjadi di semua wisata alam yang belum terkelola dengan baik. Ya masalah itu adalah sampah. Di sekitar kali suci masih terdapat sampah sampah plastik yang berceceran dan sangat mengganggu pemandangan. Sampah itu didominasi oleh sampah bungkus sabun ,sampo,dan makanan yang di buang oleh wisatawan yang datang.




 Bagi kalian yang ingin datang ke kali suci ini saya mohon jangan buang sampah sembarangan, kalaupun disana tidak ada tempat sampah tolong ditaruh di tas dahulu,lalu ketika menemukan tong sampah baru dibuang.jangan sampai keindahan kali suci ini pudar karena sampah sampah yang kalian tinggalkan. So, jadilah wisatawan yang bijak yang menikmati alam tanpa merusaknya.

Comments

Popular posts from this blog

JEMBATAN PRINGGODANI, TEMPAT FOTO KEREN DI PEKALONGAN

Jembatan Pringgodani merupakan jembatan megah yang ada di pekalongan. Jembatan ini terletak di perbatasan antara Desa Surobayan dan Desa Madukaran yang menghubungkan antara Kecamatan Wonopringgo dengan Kecamatan Kedungwuni. Jembatan ini sempat akan diberi nama jembatan Suromadu yang merupakan singkatan dari Surobayan dan Madukaran. tapi sampai saat ini jembatan Pringgodani bayak disebut warga dengan nama jembatan Surobayan. Jembatan ini diresmikan pada tanggal 14 januari 2016 oleh Bupati pekalongan Drs.H.A.Antono dan wakilnya Fadia Rafiq yang menghabiskan anggaran 25 milyar. pertama kali saya datang kesini itu ketika saya ingin bekunjung ke salah satu alumni organsasi yang saya ikuti. kebetulan rumah beliau di Pekalongan, tepatnya di Kecamatan Doro. waktu ingin ke rumah beliau saya diarahkan untuk lewat pasar Wiradesa,kalau dari Semarang belok kiri kemudian lurus terus, sampai di pasar Bojong belok kiri lagi menuju ke Kedungwuni dan belok kanan ke arah Doro.

SEPATU EIGER POLLOCK : SEPATU OUTDOOR BUATAN INDONESIA TERBAIK (?)

          assalamualaikum wr wb. selamat pagi/siang/sore/malam buat kalian para penggila kegiatan outdoor dimanapun kalian berada. pada tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang sepatu dari eiger. sepatu yang saya bahas kali ini adalah sepatu eiger pollock dengan seri W159.           bagi kalian suka berkegiatan outdour , brand eiger pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian. Eiger merupakan merek asli Indonesia yang berpusat di bandung. Produk-produk yang dikeluarkan eiger sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Sepatu eiger Pollock ini saya beli di store resmi eiger di rita supermall purwokerto. Harga sepatu ini di store resmi eiger adalah 995.000 . tetapi saat saya beli saya mendapat diskon 10%   jadi saya hanya membayar 895.000             Oke lanjut membahas fitur dan teknologi yang terdapat pada sepatu ini. 1.       Pertama adalah sepatu eiger Pollock ini sudah ber outsole vibram xs trek .        kalau kalian belum tahu tentang outsole vib