bukit kukusan pemalang : wisata murah dengan pesona yang indah, kamu harus kesini




www.candradanue.blogspot.com


Bukit kukusan merupakan wisata baru di Pemalang, bukit ini terletak di desa Gambuhan,kecamatan Pulosari,Kabupaten Pemalang. Akses untuk mengunjungi wisata ini termasuk mudah karena lokasinya yang berada di samping jalan raya Moga-Guci. Kalau kalian dari pemalang kota,wisata ini bisa ditempuh lewat lampu merah sirandu ke selatan lurus terus sampai melewati kecamatan Bantar Bolang dan Randu dongkal. Seletah melewati kedua kecamatan tersebut kalian akan masuk ke kecamatan moga. Sampai pertigaan SMPN 1 Moga (yang ada lampu merahya) ambil ke kanan arah Guci. Setelah belok kanan kalian akan masuk di jalan raya moga-guci, sekitar 10 menit dari lampu merah SMPN 1 Moga kalian akan sampai ke lokasi. Bukit kukusan berada di samping kiri jalan setelah tanjakan yang lumayan curam. Tidak usah khawatir, disamping jalan sebelum sampai ke wisata ini sudah dipasang baner yang cukup terlihat jelas.

gebang masuk bukit kukusan


Bukit kukusan ini dikelola oleh pemuda pemuda asli desa gambuhan, atau sering disebut FOKUS (Forum Komunikasi Pemuda Kukusan). Pemuda-pemuda ini sangat mudah dikenali, biasanya mereka menggunakan kaos berwarna hijau bertuliskan FOKUS MANAGEMEN. Menurut cerita anggota FOKUS, sekitar tiga bulan yang lalu mereka sangat kesulitan mencari dana untuk mengembangkan bukit kukusan ini menjadi wisata. Atas usaha yang tak kenal lelah akhirnya mereka bisa mewujudkanya sekarang.

 Akhir-akhir ini Bukit Kukusan makin populer dikalangan wisatawan karena menawarkan spot-spot yang fotogenik. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk berfoto di spot spot yang sudah dibuat oleh pengelola. Untuk sampai ke spot spot foto tersebut di puncak, kalian hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari tempat parkir. jalurnya juga sangat mudah karena sudah dibuat berundak undak seperti tangga.

jalur setelah melewati pintu masuk

 Saat saya kesana tepatnya hari minggu, 4 Juni 2017, sebagian titik ,jalurnya sudah dibuat membentuk seperti tangga menggunakan semen dan batu serta disamping jalur terdapat beberapa warung. Salah satunya “kedai mantap jiwa” yang menjual seblak,ceker mercon, dan kopi galling. Jadi gausah takut kelaperan :v .



 Saat di puncak kalian akan menemukan beberapa spot foto yang keren-keren antara lain seperti ini.







Waktu terbaik untuk datang ke wisata bukit kukusan adalah pagi hari dan sore hari, karena ketika pagi pemandangan gunung slamet terlihat dengan jelas, setelah jam 10 keatas, biasanya gunung slamet sudah diselimuti awan dan berkabut. Awan itu akan hilang ketika sore hari menjelang maghrib.


 saat saya kesana, saya liat ada beberapa spot foto baru yang lagi dibuat, mungkin beberapa minggu mendatang spot itu sudah selesai pengerjanya dan bisa untuk berselfie-selfie ria :D.



 ehhh iya hampir lupa, biaya masuk wisata bukit kukusan ini murah lohh, Cuma Rp.3.000 dan parkir Rp.2.000.dengan uang segitu kalian bisa berfoto sepuasnya di puncak.




pesan saya kalau kalian datang ke wisata ini:
1.       Jangan parkir di samping jalan raya,karena pengelola sudah menyediakan tempat parkir yang sekarang sudah diperluas.
2.       Jangan buang sampah sembarangan, karena pengelola sudah menyediakan tempat sampah dibeberapa titik. Kalau niatnya Cuma nyampah jangan kesini, ke TPS aja :p
3.       Jangan ngrusak alam  dan fasilitas yang ada dibukit kukusan dengan melakukan vandalism, NORAKKKK TAU..!


terimakasih sudah membaca blog saya, apabila ada kritik atau saran bisa disampaikan di kolom komentar.

 

Comments