Skip to main content

4 WISATA ANTIMAINSTEAM YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KABUPATEN SEMARANG




Perkembangan pariwisata di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini bisa terlihat dari munculnya tempat-tempat wisata baru di daerah-daerah yang dikembangkan oleh pemerintah daerah maupun warga sekitar. Munculnya wisata wisata baru ini juga terjadi di Semarang.
Ketika saya menulis tentang wisata di semarang apa yang terbesit di pikiran kalian?, lawang sewu?, kota lama?, simpang lima?, dan sampokong?. Saya pikir kebanyakan orang akan langsung berpikir tentang wisata-wisata tersebut, tapi tahukah kalian bahwa semarang puya wisata yang jauh lebih banyak dari yang kalian pikirkan?. Semarang memang ibukota dari jawa tengah. Tetapi Kota Semarang juga merupakan salah satu wilayah dari kabupaten yang bernama kabupaten semarang. Jadi ketika kita bicara tentang wisata di semarang ,kita juga harus memperhatikan wisata wisata yang ada di kabupaten semarang bukan hanya wisata yang ada di kota semarang saja.
Pada tulisan saya kali ini saya akan mengulas wisata wisata baru yang bisa dijadikan tempat liburan alternative di kabupaten semarang.

 1.  Kampung Pelang
@Arieprakhman
Kampung pelangi merupakan sebuah kampung terletak tak jauh dari tugu muda semarang,yaitu tepatnya di Jl. DR. Sutomo, kelurahan Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah .
Kampung pelangi ini menjadi wisata yang sangat unik karena kampung ini dulunya adalah perkampungan kumuh yang disulap menjadi kampung wisata.
@Afiiya.fiiya
Ketika kalian mengunjungi wisata ini  kalian akan melihat sebuah kampung dimana tembok, genteng,jalan, dan lain sebagainya yang terdapat di kampung ini dicat warna-warni sehingga terlihat sangat menarik. Selain itu didalam kampung ini juga terdapat gambar-gambar mural dan spot foto yang unik yang akan membuat kalian tidak tahan untuk segera berfoto dan berselfie ria.
@fhia_alfiah


@beckhi_mas

Kampung pelangi ini beberapa bulan terakhir menjadi sangat populer karena banyak sekali pengguna sosial media khusunya instagram yang membagikan foto mereka setelah mengunjungi kampung pelangi ini. menurut penuturan warga sekitar, kebanyakan wisatawan datang pada pagi dan sore hari.

Untuk dapat mengunjungi kampung pelangi ini wisatawan tak perlu merogoh kocek dalam dalam karena hanya denga uang Rp. 3.000 untuk tiket masuk dan Rp. 2.000 untuk bayar parkir wisatawan sudah bisa masuk dan menikmati pesona yang ditawarkan oleh kampung pelangi ini. 
2.   Setiya Aji Flower Farm
@etikaokta
      Setiya Aji Flower Farm adalah sebuah wisata kebun Bunga yang berada di dusun Ngasem Lor, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan , Kabupaten Semarang. Setiya Aji Flower Farm merupakan kebun bunga pertama di Bandungan. Menurut admin dari akun Instagram @Setiya_Aji_Flower_Farm sejarah bunga krisan ini berawal dari bantuan yang diberikan pemerintah kepada kelompok tani “Sri Rejeki” 20 tahun yang lalu. Kemudian dari bantuan itu warga berhasil mengembangkanya sampai hampir satu kampung ikut membudidayakan bunga krisan sehinggan disebut sebagai kampung bunga ngasem lor. Setelah mengetahui kesuksesan Setya_Aji_Flower_Farm akhirnya banyak kampung kampung disekitar yang ikut mengembangkan bunga Krisan di kampungnya.
@novitan_17




      Untuk dapat megunjungi wisata ini pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 7.500 dan parkir Rp.2.000.  wisata ini buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB .
bunga di Setya_Aji_Flower_Farm didominasi dengan warna kuning dan putih tapi juga ada bunga yang berwana merah, dan merah muda dibeberapa  sudut. Karena pengunjung yang semakin meningkat kini Setya_Aji_Flower_Farm juga mulai mengembangkannya lagi dengan meletakan beberapa spot-spot foto yang cantik  dibeberapa tempat.
@wh_u32juana
Hal ini tentunya akan semakin memanjakan pengunjung yang hobby foto-foto. Kalau kalian belum puas kalau hanya foto-foto saja, kalian juga bisa membawa pulang bunga yang ada di Setya_Aji_Flower_Farm dengan membelinya.
@aw_beny
Jadi bagaimana? Tertarik kesini?. Oh iya sedikit saran saja, pagi hari adalah waktu terbaik untuk datang kesini karena pada waktu itu udara masih sangat sejuk kemudian cahaya matahari belum terlalu keras, sehingga ketika ingin mengambil foto akan tampak lebih bagus.


Kemudian perlu diperhatikan juga pijakan kaki kalian, jangan sampa menginjak-injak bunganya. Dan yang terakhir JANGAN LUPA BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA.

3. Bantir hills

@andhikajaya_entertainme
      Bantir hills adalah wisata yang lokasinya berada di  Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju ke wisata ini kalian bisa berpatokan di pasar sumowono, setelah menemukan pasar sumowon  lurus terus  kea rah curug 7 bidadari. Nanti disana kalian akan mendapatkan petunjuk yang cukup jelas sampai ke lokasi bantir hills.
@ivannursukantri
Bantir hills merupakan wisata bukit jadi kalian perlu trekking terlebih dahulu sebelum mencapai puncak, jarak dari tempat parkir sampai puncak tak jauh kok, kurang lebih 1,5 Km aja /20-30 menit jalan kaki. Di sepanjang  jalan menuju puncak  dan di puncak kalian akan menemui sejumlah spot foto yang instagramble baget, mulai dari spot foto berbentuk bintang, kupu-kupu, rumah pohon , bunga bunga, cinta, tulisan-tulisan unik dan gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.
@tumpuk_sewood
Kemudian ada juga spot foto lagi yang menarik perhatian banyak pengunjung, spot foto itu adalah tulisan “BANTIR HILLS” dengan ukuran yang besar dan berlatar belakang pohon pinus yang rindang.
@afii_23

Puncak Bantir Hills berada pada ketinggian 1000 MDPL, tak heran jika pemandangan di puncak sangat indah, saat dipuncak kalian juga dapat melihat Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Andong, Sumbing, Sindoro, Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, dan bukit-bukit lainnya yang sangat menawan serta pemukiman warga desa losari.
@andhikajaya_entertainme

Harga tiket untuk masuk ke wisata ini adalah Rp. 5.000 dan Rp. 2.000 untuk biaya parkir. Dengan biaya semurah itu kalian bebas foto dimana aja sepuasnya, menarik bukan ?. jika kalian ingin mengunjungi wisata ini tidak ada salahnya kalau kalian membawa serta minuman dan snack karena disepanjang perjalanan tidak akan ditemui penjual, penjual hanya ada ketika hari-hari libur.

Wisata ini mulai dibuka pada pagi hari jam 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Apabila kalian ingin camping di puncak Bantir hills alangkah baiknya izin terlebih kepada pengurus dahulu untuk didata  dan terpantau oleh pihak keamanan wisata

4.   Benteng Pendem ambarawa (Benteng Fort Willem 1)
@iqiiviantii
       Benteng pendem ambarawa ini sejatinya adalah bangunan bersejarah peninggalan belanda yang ada di Kabupaten Semarang. Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1834 dan selesai pada tahun 1845. Itu artiya bangunan ini sudah berumur 1 abad lebih. Lokasi Benteng ini berada di Desa Lodoyong, tidak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, dibelakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ambarawa, dan berada di kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambarawa. Karena lokasi benteng ini berada di kompleks lembaga pemasyarakatan, maka kalian harus ijin terlebih dahulu kepada penjaga pintu lapas untuk bisa masuk. Tetapi juga ada jalan alternative untuk menuju ke Benteng Pendem ini, kalau kalian dari semarang kalian bisa lewat arah Bawen setelat itu ambil arah ke magelang, lurus terus sampai ada plang RSUD Ambarawa, setelah ketemu RSUD lurus terus aja , kemudian masuk ke gapura yang berada di kiri RSUD
adeutomo.com
, jika sudah ketemu gapura dengan tulisan Benteng Ambarawa masuk aja. Setelah masuk gapura lurus terus aja ikuti jalan,samping kanan dan kiri jalan adalah sawah. Tak lama setelah itu kalian akan menemukan tulisan parkir disini. Tepat di sebelah tempat parkir adalah benteng pendem  Ambarawa.


@callmefanie
     
@maranathaditya
Ketika kalian melihat benteng willem  ini kalian akan mendapati sebuah bangunan tua dengan tembok- tembok yang mulai mengelupas dan diselimuti akar  dan tumbuhan. Bangunan ini juga kesanya tak terawatt sehingga memunculkan kesan angker. Tapi bagi para pecinta fotografi, Benteng willem ini merupakan spot foto yang sangat menarik , bagaimana tidak, dengan keadaan benteng yang seperti itu maka ketika dijadikan spot foto akan menghasilkan kesan Vintage di setiap fotonya. Kini keberadaan benteng willem mulai dicari banyak wisatan karena kesan vintage nya.
@pyuana


       Karena benteng ini belum dikelola dengan baik sebagai tempat wisata maka kalian hanya perlu membayar parkir  sebesar Rp. 5.000.murah bukan?, gimana? Tertarik mengunjungi tempat ini?. oh iya  apabila kalian ingin kesini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan , antara lain :
1.       Perlu diketahui bahwa ada beberapa tempat disudut benteng ini yang ditinggali oleh penjaga lapas maka kalian tidak boleh melakukan hal yang dapat mengganggu orang yang tinggal disitu
adeutomo.com
2.       Ada beberapa tempat disudut benteng ini yang bertuliskan dilarang masuk, itu artinya kalian tidak boleh memasuki ruangan  ini . jangan memaksakan diri jika tidak ingin terjadi hal hal yang membahayakan  diri kalian
3.       Karena bangunan ini adalah bangunan yang bersejarah, jangan melakukan hal-hal yang dapat merusak bangunan.
4.       Karena banguna ini adalah bangunan tua yang katanya angker, maka tetap jaga sopan santun kalian agar tidak mengganggu makhluk lain di benteng ini
5.       Dan yang terakhir jangan lupa BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA.

Jadi gimana? tertarik mengunjungi wisata-wisata antimainsteam yang sudah saya ulas tadi?. ayo segera ajak pacar, gebetan, mantan,  keluarga, sahabat, teman kalian untuk datang kesini. mari majukan pariwisata di Semarang dan majukan pariwisata di Indonesia.


" Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog pesona kabupaten semarang " www.kabsemarangtourism.com

Comments

Popular posts from this blog

JEMBATAN PRINGGODANI, TEMPAT FOTO KEREN DI PEKALONGAN

Jembatan Pringgodani merupakan jembatan megah yang ada di pekalongan. Jembatan ini terletak di perbatasan antara Desa Surobayan dan Desa Madukaran yang menghubungkan antara Kecamatan Wonopringgo dengan Kecamatan Kedungwuni. Jembatan ini sempat akan diberi nama jembatan Suromadu yang merupakan singkatan dari Surobayan dan Madukaran. tapi sampai saat ini jembatan Pringgodani bayak disebut warga dengan nama jembatan Surobayan. Jembatan ini diresmikan pada tanggal 14 januari 2016 oleh Bupati pekalongan Drs.H.A.Antono dan wakilnya Fadia Rafiq yang menghabiskan anggaran 25 milyar. pertama kali saya datang kesini itu ketika saya ingin bekunjung ke salah satu alumni organsasi yang saya ikuti. kebetulan rumah beliau di Pekalongan, tepatnya di Kecamatan Doro. waktu ingin ke rumah beliau saya diarahkan untuk lewat pasar Wiradesa,kalau dari Semarang belok kiri kemudian lurus terus, sampai di pasar Bojong belok kiri lagi menuju ke Kedungwuni dan belok kanan ke arah Doro.

KALI SUCI : PEMANDIAN TERSEMBUNYI DI PEMALANG

  Beberapa minggu terakhir wisata kali suci semakin populer, hal ini terlihat dari semakin banyaknya postingan para netizen yang memamerkan eksotisme kali suci di media social mereka. Kali suci merupakan wisata pemandian yang airnya berasal dari mata air di kaki gunung slamet. Lokasi wisata kali suci terletak di jalan Arum Dalu,Dusun Kali buntu, desa Moga,kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Akses untuk menuju wisata ini gampang- gampang susah karena minim sekali informasi dan belum ada penunjuk jalan yang jelas. Saya sudah 2 kali ke kali suci, pertama kali saya kesana ,tepatnya pada hari selasa ,4 juli 2017   saya sempat beberapa kali berhenti untuk bertanya dan bolak balik karena kebingungan, tapi akhirnya ketemu juga.     Untuk kunjungan yang kedua pada hari minggu, 23 juli 2017   alhamdulillah   sudah tidak kebingungan lagi. Jika kalian dari pemalang kalian lewat saja lurus ke utara menuju kecamatan moga . sesampainya di pertigaan SMPN 1 Moga yang ad

SEPATU EIGER POLLOCK : SEPATU OUTDOOR BUATAN INDONESIA TERBAIK (?)

          assalamualaikum wr wb. selamat pagi/siang/sore/malam buat kalian para penggila kegiatan outdoor dimanapun kalian berada. pada tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang sepatu dari eiger. sepatu yang saya bahas kali ini adalah sepatu eiger pollock dengan seri W159.           bagi kalian suka berkegiatan outdour , brand eiger pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian. Eiger merupakan merek asli Indonesia yang berpusat di bandung. Produk-produk yang dikeluarkan eiger sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Sepatu eiger Pollock ini saya beli di store resmi eiger di rita supermall purwokerto. Harga sepatu ini di store resmi eiger adalah 995.000 . tetapi saat saya beli saya mendapat diskon 10%   jadi saya hanya membayar 895.000             Oke lanjut membahas fitur dan teknologi yang terdapat pada sepatu ini. 1.       Pertama adalah sepatu eiger Pollock ini sudah ber outsole vibram xs trek .        kalau kalian belum tahu tentang outsole vib